2006 PTPS Tuban Siap Jadi Ujung Tombak Pencegahan dan Pengawasan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2018, sebanyak 2006 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah selesai dilantik. Mereka akan menjadi ujung tombak pengawasan pesta demokrasi di tingkat paling dasar.

Sesuai informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, rekrutmen digelar serentak mulai 21 hingga 27 Mei 2018 kemarin. Seleksi dan pelantikan dilakukan di masing-masing kecamatan oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

"Saat ini semua kecamatan sudah melaksanakan pelantikan PTPS," terang ketua Panwaslu Tuban, Masrukhin, Senin (4/6/2018).

Secara Tupoksi, lanjut Masrukhin, kerja pengawas TPS tidak jauh beda dengan Panitia Pengawas Lapangan (PPL). Sehingga diharapkan, mereka mempunyai kompetensi di bidang pengawasan.

Tugas mereka mengawasi kampanye, distribusi logistik, pembuatan TPS (termasuk lokasi TPS). Saat hari-H, mereka akan memelototi proses pungut hitung, mengawal kotak suara, dan memastikan ketika sudah disegel agar tidak dibuka lagi.

"PTPS setelah ini, langsung melakukan tugas utama, yaitu pencegahan dan pengawasan. Sesuai tahapan, saat ini melakukan pengawasan kampanye," beber Masrukhin panjang lebar. [rof/ito]