Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Musik tongklek menjadi teman setia membangunkan masyarakat umum untuk segera melakukan sahur. Irama yang diciptakan lewat paduan alat-alat musik semi tradisional-modern itu, diwadahi dengan adanya event serta lomba tongklek yang bertujuan untuk melestarikan budaya, dan meningkatkan minat masyarakat untuk berkarya lewat kesenian itu.

Di Kabupaten Tuban sendiri, sudah banyak event dan lomba yang telah diselenggarakan di berbagai titik wilayah. Sejak awal Ramadan, tercatat sedikitnya sudah ada 7 event yang digelar, seperti wilayah Jenu, Merakurak, Plumpang, Terminal Tuban, Bejagung-Semanding, Prambonwetan-Rengel, dan akhir bulan Mei di wilayah Tuban kota pada tanggal 30 Mei 2018 lalu.

Selain event yang sudah terselenggara, blokTuban.com juga telah merangkum jadwal-jadwal event perlombaan tongklek pada awal bulan Juni ke depan. Masih ada sekitar 13 event Tongklek lagi yang akan digelar. Banyak diantaranya adalah di Kecamatan Plumpang, Rengel, Soko, Jatirogo, Palang, Semanding, Grabagan, dan Bangilan.

Jadwal event Tongklek tersebut, paling dekat adalah di Desa Plandirejo, Kecamatan Plumpang yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juni 2018 mendatang, berikut tetangga wilayahnya yakni di Kecamatan Rengel yang menyusul penyelenggaraan event tongklek pada hari dan tanggal berikutnya.

"Kegiatan dimulai jam delapan malam pembukaan, pemberangkatan kurang lebih jam sembilan malam," papar Sekretaris lomba di Tongklek di Plandirejo, Washilul Arkham ketika dikonfirmasi lewat jaringan telepon, Jumat (1/5/2018).

Sudah terdapat 12 regu tongklek yang dipastikan event tersebut. Namun, tak menutup kemungkinan akan ada peserta tambahan yang hadir dan mendaftar saat hari pelaksanaannya.

Selain di Plandirejo, Kecamatan Plumpang, adapun jadwal sementara event Tongklek meliputi; Kecamatan Rengel, 4 Juni, dua hari selanjutnya disusul Jatirogo tanggal 6 Juni. Tanggal 8 Juni juga terdapat 2 kegiatan serupa, yaitu di Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko, dan di Kecamatan Palang.

Pada tanggal 9 Juni 2018, 4 wilayah yang masing-masing di wilayah Magersari-Plumpang,  Banjararum-Rengel, Bandungrejo-Plumpang, dan Kowang-Semanding secara bersamaan mengadakan event Tongklek.

Sedangkan pada tanggal 10 Juni 2018, Kecamatan Soko dan Desa Penambangan-Semanding mengadakan acara sendiri di wilayahnya. Disambung hari berikutnya, 11 Juni 2018 di Kedungsoko-Plumpang. Setelahnya, 12 Juni 2018, Grabagan pun tak mau kalah dan turut mengadakan Tongklek. Akhir Ramadan, sekitar tanggal 15 Juni 2018, wilayah Bangilan menjadi penutup acara keseriusan event Tongklek di Bumi Wali Tuban

Demikian jadwal yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Jadi, tak perlu berkecil hati ketinggalan event seru perlombaan Tongklek. Masih ada sekitar 13 kegiatan lagi tang akan diselenggarakan. Namun, jadwal bisa berubah sewaktu-waktu tergantung keputusan panitia penyelenggara di wilayah setempat. [feb/col]