PC LAZISNU Tuban: Target Koin NU Tahun Depan Satu Miliar

Reporter:‎ M. Anang Febri

‎blokTuban.com - Pasca dilakukan pengumpulan dan kirab Koin Nahdlatul Ulama (NU) Nasional beberapa waktu lalu, Kabupaten Tuban berhasil mengumpulkan uang sekitar Rp346.530.050 yang didapatkan dari total 23 kecamatan, rupanya menjadi yang terbanyak di taraf Nasional, Jumat (1/5/2018).

‎Meskipun sebelumnya pihak-pihak yang andil dan berpartisipasi dalam mensukseskan kirab koin NU di Kabupaten Tuban sempat berharap-harap dalam kecemasan, sebab takut tak bisa bersaing denga daerah lain. Kini, kiranya bisa lega sebab hasil yang dicapainya.

Perolehan jumlah uang koin yang terkumpul hampir Rp400.000.000 itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Amil, Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Tuban mengungkapkan bahwa hal tersebut menunjukkan kesadaran bersedah dan berinfak masyarakat di Bumi Wali, sebutan Tuban tinggi.

"Harus disyukuri. Kesadaran‎ masyarakat kita untuk mau peduli dan memikirkan nasib orang lain yang jauh dari rata-rata masih banyak," ujar Drs. Muhtarom Hasnan selaku Ketua PC LAZISNU Kabupaten Tuban.

Dia juga mengisahkan kultur dan anggapan sedekah zaman dahulu, orang-orang yang berinfak dan sedekah adalah orang yang kaya, dan mampu. Namun yang terjadi saat ini, dengan adanya gerakan koin, semua orang, orang kaya maupun orang miskin sama-sama mempunyai hak Infak dan sedekah. Uang receh, koin yang dipandang sebelah mata, ternyata jika dikumpulkan masyarakat secara bersama mempunyai nilai luar biasa.

Berkaca pada daerah Kabupaten Sragen Jawa Tengah yang bisa membangun Rumah Sakit (RS) NU, lanjut ketua PC LAZISNU, Kabupaten Tuban dengan istikomah seluruh desa yang terus menerus menggalang dana koin, nantinya akan bisa saling membantu saudara-saudara yang berada di bawah garis kemiskinan serta membutuhkan pertolongan.

PC LAZISNU Kabupaten Tuban juga mengutarakan rasa terimakasih kepada Muspida Tuban, Muspika ‎Kecamatan di seluruh Kabupaten Tuban, serta oknum-oknum yang turut membantu mensukseskan gerakan koin tahun 2018 in‎i.

"Tahun 2019 nanti, bukan lagi tiga ratusan juta. Target tahun depan‎ satu miliar," ucapnya dengan tegas.

Sebagai bentuk rasa terima kasih, pihaknya memberikan piagam penghargaan kepada seluruh camat di Kabupaten Tuban, yang diwakilkan oleh Camat Tambakboyo, Camat Rengel, dan Camat Soko pada agenda kirab koin NU yang dipadukan dengan Gema Ramadan MWCNU Rengel, di Lapangan Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel (30/5/2019) kemarin lusa.

Piagam penghargaan juga diberikan atas perolehan koin dari UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban‎ yang ikut serta mensukseskan koin NU, yang diberikan kepada perwakilan UPTD Pedidikan Kecamatan Tuban‎, UPTD Pendidikan Kecamatan Plumpang, serta UPTD Pendidikan Kecamatan Semanding.

"Penghargaan untuk UPTD wilayah lain, diberikan  luar acara," pungkas Ketua PC LAZISNU Tuban. [feb/col]