Masih Jadi Minuman Favorit, Es Degan ‎Punya Banyak Penggemar

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Berbuka puasa akan lebih terasa segar dan nikmat ketika meneguk minuman dingin nan manis mengisi rongga kering tubuh. Banyak aneka minuman segar yang dipilih untuk menu berbuka puasa, salah satunya Es Degan.

Walau sudah banyak aneka olahan minuman, tapi minuman berbahan dari air serta daging kenyal buah kelapa muda‎ itu masih menjadi idola masyarakat.

Salah satu penjual, Kodim mengatakan bahwa dari tahun ke tahun, peminat es Degan tak pernah sepi ketika bulan puasa.

"Peminatnya masih banyak. Jualan disini sudah tahun ke empat saat bulan puasa," terangnya kepada blokTuban.com, Rabu (23/5/2018).

Dalam satu sore saja, pemuda asal Kabupaten Bojonegoro yang biasa berjualan di timur pertigaan pasar Soko bersama istrinya itu mampu menghabiskan puluhan buah kelapa muda.

"Satu buah kelapa muda, bisa jadi paling sedikit empat bungkus. Tergantung selera pelanggan," tambahnya.

Soal selara, sambung bapak satu putri yang baru menetap di Kecamatan Soko sekitar satu tahunan ini, antara satu pembeli dan pembeli lain rupanya memiliki kesukaan yang berbeda pula.

"Kalau orang-orang yang beli disini biasanya suka daging kelapa yang tua. Sedangkan pembeli lainnya, yang kadang dari kota suka Es Degan dengan tekstur buah yang muda dan kenyal," pungkasnya. [feb/ito]