Melalui Pagelaran Ketoprak, KPU Sosialisasikan Pilgub Jatim

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban menghadirkan seni pertunjukan Ketoprak di Kecamatan Singgahan, Sabtu (12/5/2018) malam. Kegiatan yang dikemas dengan bingkai kebudayaan jawa ini, untuk mensosialisaikan Pemilukada yang guyub rukun.

"Tema pemilu Jawa Timur adalah Guyub Rukun, mari kita sukseskan dengan hadir di TPS pada 27 Juni mendatang," ajak Ketua KPU Tuban, Kasmuri dalam sambutannya di hadapan ribuan hadirin.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, ribuan warga Kecamatan Singgahan dan sekitarnya berbondong-bondong membanjiri halaman kecamatan setempat. Penyerahan pusaka keris dari pimpinan ketoprak menjadi tanda dimulainya pagelaran semalam suntuk tersebut.

Saat dikonfirmasi wartawan media ini, soal pilihan KPU memilih media sosiasialisasi dengan ketoprak, pihaknya mengaku memiliki tujuan menyampaikan pesan sesuai budaya warga setempat. Sehingga, sosialisasi yang disampaikan akan mudah diterima.

"Sengaja kami kemas sedemikian rupa, agar mudah diterima. Sebab warga setempat kan sukanya pertunjukan budaya ketoprak," jelasnya panjang lebar.

Sedikit diketahui, dalam sosialisasi malam ini diantaranya berisi wawasan Pilkada serentak di Jatim yang akan memilih gubernur/wakil gubernur Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti. Masyarakat diharapkan tidak golput dan berpartisipasi penuh dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. Selain itu juga diharapkan agar menolak politik uang. [rof/col]