Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur, Setiajid menyebut, angka pengangguran terbuka di Kabupaten Tuban mencapai 18 ribu orang atau sekitar 3,49 persen dari jumlah penduduk di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban.

"Angka pengangguran terbuka di Kabupaten Tuban 3,49 persen atau sekitar 18 ribu orang," ujar setiajid usai membuka Job Market Fair di Tuban.

Lebih lanjut, Setiajid juga mengemukakan bila angka pengangguran di Kabupaten Tuban tersebut lebih rendah dibandingkan dengan angka pengangguran ditingkat provinsi Jatim yang mencapai angka 4 persen dari angkatan kerja atau sekitar 383 ribu orang.

Oleh karena itu, untuk mengatasi angka pengangguran tersebut, Disnakertrans Jatim terus melakukan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten dan Kota untuk mengadakan Job Market Fair hingga tiga sampai empat kali dalam setahun.

"Maka dengan model seperti Job Market Fair atau pelatihan-pelatihan ini kita bisa mempercepat menurunkan angka pengangguran terbuka," pungkasnya.[hud/ito]