Berikut Prakiraan Tinggi Gelombang di Laut Jawa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pusat Meteorologi Maritim BMKG merilis, prakiraan tinggi gelombang tujuh hari kedepan di perairan laut jawa setinggi 1,25 - 2,50 m (Moderate Sea). Prakiraan tersebut berlaku mulai Senin, (7/5/2018) pukul 10:17 WIB sampai dengan Minggu (13/5/2018) pukul 07:00 WIB.

Kendati begitu, wilayah laut utara Pulau Jawa tidak berpotensi hujan lebat disertai petir. Sehingga tidak berpeluang adanya awan gelap (Cumulonimbus) di lokasi tersebut yang dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang.

Untuk itu warga yang tinggal di sepanjang pantai laut utara Tuban diimbau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar lebih waspada. Terutama daerah yang belum memiliki tembok penahan ombak.

"Untuk wilayah yang belum ada tanggul penahanan ombak diharapkan lebih waspada," ucap Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono saat dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (7/5/2018).

Di wilayah Bancar misalnya, menurut Joko, salah satu daerah yang rawan dihantam gelombang tinggi. Pihaknya mengklaim, fenomena alam ini diduga adanya pengaruh musim pancaroba.

"Sebagian di wilayah Bancar misalnya, warga setempat dimohon hati-hati dan tetap waspada adanya ombak besar," pungkasnya menandaskan. [rof/col]