Dinas Pendidikan Pastikan Soal Ujian dari Provinsi

Repoter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban mengakui ada soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) SD yang bagi sebagian kalangan dinilai tidak pantas. Namun, soal ujian tersebut tetap harus dikerjakan, dan menjadi salah satu bagian soal yang diujikan.

‘’Tetap dikerjakan. Dan, kami akui sebagian ada yang keberatan. Soal ujian tersebut dari provinsi,’’ ujar Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Witono Sabtu (5/5/2018).

Dia mengatakan, ada yang bilang soal terakhir dari 40 soal USBN itu bias gender. Namun, menurut dia, soal ujian itu tidak harus dipermasalahkan. Sebab, sebelum soal sampai ke meja ujian, sudah melalui berbagai proses tahapan.

 baca juga :

https://bloktuban.com/berita-read.php/?show=14562-dewan-pendidikan-sesalkan-munculnya-soal-ujian-sd-yang-seronok.html

Dalam penyusunan soal ujian, kata dia, ada tim penyusun, tim penelaah dan tim editing. Sehingga, semua pertanyaan yang tercantum dalam soal ujian sudah melalui proses itu. Tim penyusun, menurutnya, merupakan orang-orang ahli yang sudah dipilih. Sehingga, mutu soal dia yakini sudah sesuai.

‘’Semua dikerjakan oleh ahlinya. Jadi, saya kira ini sudah sesuai,’’ tambah dia.

Soal yang sudah disusun dan diproses sampai siap diujikan itu juga dijaga kerahasiaannya. Ada password khusus, sehingga hanya tim penyusun dan yang berwenang saja yang bisa mengakses.

‘’Saya sendiri baru tahu soal tersebut juga hari ini saat ujian akan dilaksanakan, saking rahasianya,’’ ungkapnya.

Mantan Kepala SMPN 3 Tuban ini menyebut, untuk kelas VI sudah dikenalkan dan ada materi pelajaran terkait pemeliharaan organ reproduksi. Sehingga, ketika muncul pertanyaan soal organ reproduksi dan cara menjaga kebersihannya, menurut dia wajar.

‘’Menurut saya, pertanyaan dalam soal tersebut untuk mengukur standar kompetensi siswa saja. Karena sudah ada materi terkait pertanyaan itu dalam materi pelajaran,’’ tandasnya.[hud/ono]