Dewan Pendidikan Sesalkan Munculnya Soal Ujian SD yang Kurang Seronok

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban menyayangkan munculnya soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) sekolah dasar (SD) yang berbau seronok. Dalam mata pelajaran IPA yang diujikan pada hari Sabtu (5/5/20180), siswa harus mengerjakan 40 soal. Sebanyak 5 soal di antaranya soal uraian, siswa harus mengisi jawaban sesuai dengan pertanyaan yang dalam soal.

Hanya, pada soal nomor 40, terdapat pertanyaan yang tidak pantas dan dinilai seronok. Dewan Pendidikan menilai, soal nomor 40 itu mestinya tidak muncul. Soal tersebut sangat tidak patut diajukan untuk siswa SD.

‘’Kami sangat menyayangkan lolosnya soal seperti itu. Kami sangat menyesalkan hal itu. Soal nomor 40 itu sangat tidak patut untuk dijadikan soal ujian, apalagi untuk SD,’’ ujar drg.Ratna Handayani mewakili Dewan Pendidikan, Sabtu (5/5/2018).

Perempuan yang juga Bendahara Dewan Pendidikan Kabupaten tuban itu meminta agar diusut, bagaimana soal seperti itu sampai lolos. Dalam menyusun naskah soal, kata dia, dilakukan oleh tim, artinya tidak hanya satu orang. Soal yang akan diujikan sebelumnya di bahas dan digodok dulu sampai benar-benar siap diujikan.

‘’Yang tak habis pikir, kok bisa sampai pertanyaan seperti itu lolos menjadi soal ujian. Bagaimana verifikasinya. Sungguh ini sangat tidak patut. Pertanyaan seperti itu kan bersifat private atau pribadi,’’ sesalnya.

Untuk sementara, Dewan Pendidikan akan mengumpulkan keterangan di lapangan sebelum bertindak. Pihaknya akan meminta penjelasan Dinas Pendidikan terkait siapa penyusun soalnya. Kemudian bagaimana verifikasinya dan bagaimana prosesnya sampai pertanyaan tak pantas seperti itu sampai lolos.

‘’Kami akan meminta penjelasan Dinas (Pendidikan) terkait hal ini,’’ tandasnya.[hud/ono]