LMND Tuban Gelar Demo di Patung dan Kantor Dewan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Kabupaten Tuban, menggelar aksi demonstrasi di bundaran Patung Letda Sucipto dan depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Rabu (2/5/2018).

Aksi belasan mahasiswa tersebut diawali dengan longmarch dari Jalan Sunan Kalijo Kelurahan Latsari menuju ke Bundaran Patung Letda Sucipto. Setelah puas berorasi di Patung Letda Sucipto kemudian aksi demonstrasi tersebut dilanjutkan di depan Kantor DPRD Kabupaten Tuban.

Dalam aksinya di Hardiknas 2018 ini, LMND Tuban membawa empat petisi tuntutan, pertama hentikan liberalisasi, privatisasi, komersialisasi Pendidikan, kedua laksanakan Pasal 33 wujudkan pendidikan gratis, ketiga wujudkan pemerataan infrastruktur pendidikan nasional, dan keempat menolak universitas asing yang mengikis kualitas pendidikan nasional.

"Dari keempat tuntutan itu akan menutup rapat-rapat mental pelajar kita untuk menuju persaingan pasar nasional," ujar Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Zainal Arifin.

Lebih lanjut dalam aksi tersebut, massa mengaku kecewa lantaran hanya ditemui oleh Kabag Humas DPRD Kabupaten Tuban. "Kami kecewa karena tidak ada satu pun dewan yang menemui kami," pungkasnya.

Sementara itu, Kabag Humas DPRD Kabupaten Tuban, Siti Hidayati saat menemui massa demo mengungkapkan, semua anggota dewan tidak sedang berada di kantor.

"Masing-masing komisi sedang tidak ada di kantor, karena ada yang menghadiri undangan dan ada yang kunjungan," pungkasnya. [hud/rom]