Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi Terpantau Stabil

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Bulan suci ramadan sudah di depan mata. Masyarakat pun bisa memulai mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan guna menyambut kedatangan bulan penuh berkah ini.

Perlu diketahui bila ingin mempersiapkan menu buka dan sahur tidak ruginya memperhatikan harga kebutuhan pangan yang satu ini. Ya, kondisi harga daging sapi yang bisa dijadikan lauk saat menyantap menu buka maupun sahur.

Dua minggu menjelang ramadan harga daging sapi masih terpantau stabil. Penjual pun memprediksi tidak ada kenaikan yang signifikan hingga bulan puasa besok.

Beradasarkan hasil wawancara blokTuban.com, menurut salah seorang pedagang daging sapi di pasar tradisional Kecamatan Jatirogo, Suyati (60), tidak ada perubahan harga yang berarti. Sejauh ini setiap satu kilogram daging sapi masih ia patok Rp100.000.

"Saat ini masih stabil harga daging sapi, ya biasa Rp100 ribu perkilonya dan yang super Rp110 ribu," kata pedagang asal Sale, Rembang, Jawa Tengah itu kepada blokTuban.com, Selasa (1/5/2018).

Sementara itu, harga daging sapi jenis rawonan dijual Rp85 ribu perkilogramnya. Sedangkan seperti jerohan dan balungan dijual mulai harga Rp30 hingga Rp35 ribu setiap kilogramnya.

"Kalo jerohan khusus seperti paru, hati dan limpa sekitar Rp50 ribu udah dapat sekilo," ulas nenek enam cucu itu, panjang lebar.

Hal senada juga dilontarkan pedagang daging sapi lainnya, Bu Slamet (40), jika harga daging tidak ada kenaikan. Sebab, selama ini yang menjadi pelanggannya adalah kebanyakan pedagang bakso.

"Menjelang puasa harga daging tak ada yang berubah, tetap seperti biasa," tukas Bu Slamet saat dikonfirmasi wartawan media ini di pasar milik pemerintah kabupaten Tuban itu. [rof/rom]