Bagini Cara Kepala Dinkes Tuban Peringati Hari Kartini

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Setiap orang berbeda-beda memaknai hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Sabtu (21/4/2018). Bagi seorang yang dinomersatukan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Endah Nurul K. hari Kartini diklaim sebagai momen penting bagi kaum wanita, untuk kembali mengingat perjuangan Kartini saat itu.

Sosok Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita untuk memperoleh persamaan kebebasan, otonomi, serta kesetaraan hukum menjadi inspirasi buat dirinya terus mengabdi. Tantangan tentu juga sangat terasa, apalagi dirinya juga harus membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan.

"Hari Kartini adalah momen penting bagi kaum wanita, untuk kembali mengingat perjuangan Kartini saat penjajahan. Sehingga timbul tekad untuk kembali menggelorakan semangatnya dengan berjuang di posisi masing-masing, baik sebagai ibu rumah tangga, wanita karier atau yang lainnya," kata Plt. Kepala Dinkes Tuban itu, kepada blokTuban.com, Sabtu (21/4/2018).

Kondisi paling nyata menurut pengurus Muslimat NU Tuban ini, bagaimana harus menjadi ibu yang baik dan seoarang pegawai negeri teladan. Misalnya, bila terpaksa harus menyelesaikan kerjaan kantor di rumah, dirinya berusaha mengerjakannya setelah menemani anak-anaknya belajar dan mereka tidur.

Mantan Sekretaris Dinkes Tuban itu juga beranggapan, Kartini punya semangat luar biasa, sikap itulah yang harus juga dimiliki oleh petugas pelayanan kesehatan dalam mewujudkan pelayanan terbaik. Sebab, ia ingin menjadi Kartini-kartini baru yang seutuhnya.

"Saya tetap ibu rumah tangga, meski juga berusaha menjalankan amanah yang telah diberikan. Tetap tidak melupakan kewajiban sebagai ibu rumah tangga," ucapnya dengan tegas.

Bahkan, sampai siang ini, wanita yang juga menjadi dosen di salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan di Tuban ini masih berkutat di Puskesmas Kenduruan untuk mendampingi kegiatan akreditasi. Dan itu menurut dia tidak menjadi masalah, karena sudah menjadi kewajibannya.

"Kartini berjuang dengan tulus, ketulusan ini juga harus dimiliki oleh petugas kesehatan dalam mengabdi pada masyarakat," pungkas wanita yang aktif di Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Cabang Tuban itu. [rof/rom]

*Foto: Plt Kepala Dinkes Tuban Tengah.