Peringatan Kartini, Murid MI Bandungrejo Gelar Karnaval

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April selalu diwarnai hal-hal menarik seputar perempuan. Seperti halnya yang dilakukan para Kartini kecil yang ada di Kecamatan Plumpang.

Sejumlah murid Taman Kanak-kanak (TK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta murid kelas I dan II Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Magbubbiyah, Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang juga turut memperingati momentum pahlawan dari Jepara itu dengan menggelar karnaval, Jumat (20/4/2018).

Para Kartini kecil berdandan cantik dengan berbusana kebaya, berikut Kartono dengan adat Jawa, sebutan pasangan Kartini itu bersolek bak putra putri daerah yang tangguh dan wibawa. Bersamaan orang tua wali murid dan guru pedamping mulai start sekitar pukul 13.30 di MI Salafiyah, dan finish pukul 16.00 di perempatan desa setempat.

Salah seorang panitia, Siti Khotimah mengaku bahwa agenda karnaval ini adalah sebagai refleksi pembelajaran sejak dini pada generasi bangsa, tentang momentum Hari Kartini.

"Karena selama ini ada sebagian orang yang memaknai Hari Kartini hanya pada lipstik atau pakaian Kartini saja, maka kita buat karnaval ini," terang Siti Khotimah kepada blokTuban.com.

Panitia kegiatan yang juga merupakan guru sekolah itu berharap, agar kegiatan semacam itu bisa memotivasi para perserta didik, yang notabenenya masih berusia dini.

"Semoga dengan adanya publikasi ke masyarakat lewat peringatan hari Kartini ini, generasi muda, perempuan, dan masyarakat dapat meneruskan spirit yang diwariskan oleh Raden Ajeng Kartini," pungkasnya. [feb/col]