Sukseskan Pilkada 2018, Kemenag Dialog Lintas Agama

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kerukukunan umat beragama penting adanya. Apalagi mendekati momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jawa Timur (Jatim) 2018.

Dalam menjaga kerukunan dan toleransi untuk mensukseskan Pilkada Jatim, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jatim, melaksanakan Dialog Lintas Agama di Kemenag Kabupaten Tuban, Rabu (18/4/2018).

Fasilitator Dialog Lintas Agama dari Kanwil Kemenag Jatim M. Irsyad mengatakan, dialog ini sangat penting untuk dilakukan. Topik dialog yang diangkat tentang umat beragama dan masalah bersama. Dialog dinilai harus masif dilakukan untuk merawat keberagaman dengan jalan damai.

"Dialog ini untuk membicarakan permasalahan yang ada di Tuban dan mencari solusi bersama, untuk menjaga kerukunan dan toleransi," tutur M. Irsyad di hadapan tokoh lintas agama.

Sementara itu, Kepala Kemenag Tuban M. Syahid berharap bagi tokoh lintas agama yang hadir untuk selalu menebar kedamaian. Sehingga kondusifitas di lingkungan tetap terjaga.

"Kami berharap tokoh lintas agama, saat berdakwah, bersyiar, atau ceramah di hadapan ummatnya agar menghindari pernyataan sentimen," tegasnya.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, Dialog Lintas Agama ini berjalan dengan gayeng di aula Kemenag Tuban. Di forum tersebut juga disosialisasikan sembilan maklumat menteri agama bagi pengelola rumah ibadah.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri jajaran pegawai Kemenag Tuban, FKUB, Tokoh Lintas Agama, Penyuluh Lintas Agama, tokoh perempuan lintas agama, tokoh pemuda lintas agama, pihak Polres Tuban, dan Kesbangpol Tuban. [rof/ito]