Seminggu Sekali, Panwaslu Desa Akan Diberi Pelatihan dan Bimtek

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - ‎Pasca dilantiknya Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) PPL kelurahan/desa di berbagai kecamatan wilayah Kabupaten Tuban, pihak Panwascam akan terus memberikan pelatihan terkait persiapan-persiapan skema Pemilu 2019.

‎Sambil menyelesaikan persiapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim), Panwaslu Desa di masing-masing kecamatan akan melanjutkan persiapan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR, DPRD, DPD, dan Pemilihan Presiden wakil Presiden 2019, dengan prosedur yang cukup berbeda.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Panwas Kecamatan Rengel, ‎Hasanudin FA usai pelantikan dan pelatihan Panwas Kelurahan/Desa se-Kecamatan Rengel, Minggu (15/4/2018). Dalam hal persiapan Pemilu 2019 nanti, akan menjadi sebuah proses pembelajaran lebih lagi dalam memetakan, serta mengawasi jalannya Pemilu.

"Panwas Kelurahan atau desa ini akan terus diberikan Bimtek secara rutin. Minim, satu minggu sekali," ujar Ketua Pawascam Rengel.

‎Ditambahkannya, perbedaan tata cara seperti pengisian form kerja‎, penomoran‎, juga pemutakhiran data ulang akan dilakukan oleh para PPL Desa.

"Kita akan belajar banyak lagi. Seperti peraturan-peraturan pemilu, aturan PKPU, juga peraturan tim Paslon yang cukup banyak," pungkasnya. [feb/col