Munculkan Kesan Dominan dan Mudah Dipercaya Lewat Nada Bicara

Reporter: -

blokTuban.com - Cara seseorang berbicara memiliki beribu makna, lebih dari sekadar kata-kata yang keluar dari mulut mereka.

Seperti dikutip dari The Independent, sebuah riset yang mengungkapkan bahwa hanya dengan mengubah nada suara, kita juga bisa menyatakan dominasi ketika bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya.

Riset ini dipimpin oleh Jean-Julien Aucouturier dari the French National Centre for Scientific Research di Paris. Ia dan rekan-rekannya meneliti "kode sosial" dari cara berbicara, dengan menganalisis variasi nada yang berbeda dalam suara seseorang dapat membuatnya tampak lebih dominan atau dapat dipercaya.

Periset menggunakan metode yang disebut “korelasi terbalik” untuk menganalisis bagaimana variasi nada berdampak pada dinamika sosial antar individu.

Studi lain sebelumnya mengungkap signifikansi "pola intonasi" - bagaimana menggunakan nada tinggi dan rendah, dapat mempengaruhi penilaian sosial.

Disimpulkan bahwa cara paling efektif untuk tampil dominan ketika melakukan perkenalan adalah dengan menggunakan nada yang menurun.

Namun, jika ingin terlihat seperti orang yang lebih dapat dipercaya, gunakanlah nada bicara yang diakhiri dengan nada tinggi.

Riset ini dilakukan dengan membuat program komputer yang oleh periset disebut "cleese".

Program komputer ini digunakan untuk menghasilkan ribuan variasi nada dari kata "halo" dalam bahasaPrancis. Program komputer ini juga telah digunakan untuk menguji cara mengucapkan kata "benarkah" yang juga diucapkan dalam bahasa Prancis.

Periset memperdengarkan ratusan ucapan salam dalam bahasa Prancis kepada 44 orang peserta dengan variasi nada yang berbeda, dan diucapkan oleh salah satu pembicara pria atau wanita.

Mereka kemudian diminta untuk menyatakan versi kata yang menurut mereka terdengar lebih dominan atau lebih dapat dipercaya.

Responden pria dan wanita dalam penelitian ini menganggap dominasi atau kepercayaan disiratkan oleh nada suara dalam cara yang sama. Karena penelitian ini dilakukan dalam bahasa Prancis, belum diketahui apakah memiliki hasil yang sama.

*Sumber: kompas.com