Cabdin Pendidikan Persilahkan UNBK Diawasi

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Kebijakan Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban yang kembali akan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) disambut baik.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Tuban Edy Sukarno menegaskan UNBK untuk SMK dimulai pada Senin (2/4) besok. Pelaksanaannya selama empat hari yang diikuti seluruh SMK baik negeri maupun swasta.

''Seluruh SMK dipastikan ikut,'' ujar Edy Sukarno.

Sedangkan, UNBK untuk SMA dan MA dilaksanakan mulai Senin 9 sampai 12 April besok. Waktu pelaksanaannya juga sama pagi sampai sore.

‘’Setiap hari hanya satu mata pelajaran yang diujikan,’’ jelasnya.

Mantan Kepala SMAN Montong ini menyatakan, terkait dengan pengawasan atau monev UNBK yang akan dilakukan oleh Dewan Pendidikan, dia mengaku setuju dan mendukung pelaksanaan evaluasi dan monitoring itu.

‘’Saya kira itu bagus. Tujuannya kan baik untuk memastikan pelaksanaan UNBK tidak menyimpang,’’ katanya.

Bahkan, pengawasan UNBK, bukan hanya akan dilakukan Dewan Pendidikan atau Bupati saja, namun Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur dan kepolisian juga akan memantau.

Edy mengaku welcome dengan semua perhatian tersebut. Bahkan, pihaknya mengaku mengundang secara resmi bupati dan Dewan Pendidikan untuk melakukan pengawasan tersebut.

‘’Tidak masalah. Karena pendidikan adalah tanggungjawab kita bersama. Jadi, mari kita awasi bersama agar tercipta ujian yang sesuai ketentuan dan harapan,’’ tandasnya.[ono]