BNNP Jatim: Peredaran Narkotika di Tuban 40%, Selebihnya Karnopen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban menggelar acara Pengembangan Kapasitas Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) workshop di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tuban di Kayumanis Resto, Rabu (28/3/2018).

Dalam acara tersebut, Ria Damayanti selaku Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pencegahan Narkoba BNNP Jawa Timur mengatakan, peredaran narkotika di Kabupaten Tuban berdasarkan pemaparan dari Kapolres kemarin saat rapat kerja pertama di Surabaya, peredaran gelap narkotika di Bumi Wali 40 persen.

“Yang saya dengar dari pemaparan Kapolres Tuban mungkin ya hanya 40 persen itu peredaran gelap narkotika, selebihnya adalah karnopen karena wilayah pesisir, tapi kita tidak boleh diam karena kalau sudah kecanduan karnopen mereka akan menambah sensasi yang lebih tinggi,” kata Ria Damayanti.

Sementara itu Kepala BNNK Tuban, I Made Arjana menambahkan, pihaknya akan selalu bersinergi sesuai dengan misi BNN untuk menggerakkan seluruh komponen masyarakat dalam rangka P4GN, dan salah satu yang menjadi breakdown atau programnya adalah pengembangan kapasitas P4GN di lingkungan OPD ini.

“Meskipun di sini kebanyakan adalah pil daftar G, tapi itu adalah salah satu pintu masuk zat adiktif dan penyebab pola pikir karakter dan perilaku pengguna menjadi negatif,” pungkasnya. [hud/rom]