Dewan Pendidikan Turunkan Tim Pemantau UNBK

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Senin (2/4) besok mulai digelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk sekolah menengah kejuruan (SMK). UNBK dilaksanakan selama empat hari. Hanya, pelaksanaan UNBK berlangsung seharian penuh mulai jam 07.30 sampai 16.00.

Setiap hari ada tiga gelombang UNBK. Untuk memastikan pelaksanaan UNBK tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku, Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban mengawasi pelaksanaannya.

‘’Dewan Pendidikan akan menurunkan tim untuk melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan UNBK tersebut,’’ ujar Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban Sutrisno Rachmat Rabu (28/3).

Dia mengatakan, hasil evaluasi dan monitoring itu akan menjadi bahan kajian untuk disampaikan ke bupati atau pihak terkait dalam bentuk rekomendasi. Sebab, menurut dia, Dewan Pendidikan bertanggungjawab untuk ikut memajukan pendidikan di Tuban. Meski kewenangan pengelolaan SMA dan SMK sudah diambilalih provinsi.

‘’Bukan hanya sekolahnya yang dievaluasi dan dimonitor, namun juga termasuk penyelenggaranya. Ini bentuk tanggungjawab kami pada dunia pendidikan,’’ tambahnya.

Pengawasan itu, kata dia, dilakukan salah satunya dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah yang menggelar UNBK. Sehingga, akan diketahui pelaksanaan UNBK di lapangan dan prakteknya bagaimana.

‘’Temuan-temuan selama di lapangan nanti menjadi bahan rekomendasi kami,’’ tandasnya.

Sebab, hasil monitoring tahun lalu, pelaksanaan UNBK masih banyak kekurangan. Persiapan banyak yang kurang matang, terutama untuk sarana dan prasarananya. Dewan Pendidikan sudah memberikan rekomendasi atas temuan-temuan tersebut.

''Kami ingin lihat, apakah rekomendasi kami dilaksanakan atau tidak. Apakah ada perbaikan dibanding tahun lalu atau tidak. Semua akan kami catat dan menjadi bahan rekomendasi kami ke bupati,'' tegasnya.[ono]