Dirjen Kemendes Apresiasi BUMDes Tasikmadu Palang

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 'Tasmad Mandiri' satu di antara ratusan BUMDes di Kabupaten Tuban yang mendapatkan perhatian khusus dari Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT, Taufik Madjid. Selain mengapresiasi BUMDes yang ada di Desa Tasikmadu, Palang Tuban itu, pihaknya minta semua elemen dapat mendukung kelangsungan usaha ekonomi desa tersebut.

"Sudah bagus ini, apa yang dilakukan BUMDes harus kita dukung bersama," ujar Taufik Madjid saat mengunjungi Desa Tasikmadu, Kamis sore (8/3/2018).

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, ada tiga unit yang dikelola BUMDes Tasmad Mandiri. Kegiatan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat setempat itu berupa unit Agrowisata Belimbing, unit BNI 46, dan unit wisata Religi.

Diketahui pula, mengembangkan BUMDes merupakan satu dari empat program prioritas Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Selain itu, tiga program unggulan Kemendes PDTT lainnya dalam upaya percepatan pembangunan desa meliputi Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), membangun embung air desa, dan membangun sarana olahraga desa.

"Kita sudah lihat langsung Prukades di sini, patut kita apresiasi," tandasnya.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, kunjungan Dirjen Kemendes di Desa Tasikmadu menuju wisata agropolitan belimbing dan wisata religi Makam Siti Syariah ( Nyai Ageng Manyuro ). Pihaknya bersama rombongan juga menyempatkan menggelar doa bersama di Makam Binti Sunan Ampel itu. [rof/col]

Foto: Dirjen Kemendes Taufik Madjid Menerima Produk Unggulan dari Buah Belimbing