Warga Kerja Bakti Hijaukan Alam dengan Tanaman Produktif

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban ramai-ramai menanam tanaman produktif, Minggu (4/3/2018). Ribuan bibit yang terdiri dari tanaman jati, mahoni, dan buah-buahan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat tersebut ditanam di lokasi Wisata Gunung Purung dan pekarangan warga.

Sekretaris Desa Kedungmulyo saat dikonfirmasi blokTuban.com mengatakan, dengan aksi tanam pohon ini diharapkan desa yang diproyeksikan jadi agrowisata ini tampak hijau dipenuhi aneka tanaman bernilai ekonomi. Sehingga masyarakatnya menjadi berdaya dan sejahtera.

"Selain meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tanam dan merawat tanaman, upaya ini untuk penghijauan daerah Wisata Gunung Purung," ujar Sekdes Sidomulyo, Yudi usai melaksanakan kerja bakti.

Dengan tanaman baru yang berjumlah 2.950, pria yang memiliki nama lengkap Eko Wahyudi Utomo itu yakin jika Desa Sidomulyo ke depan sebagai daerah penghasil klengkeng, sukun, dan matoa. Selain itu, desa yang sejuk, segar, dan bersih akan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, tanaman produktif yang di tanam hari ini antara lain, jati 400 batang, mahoni 700 batang, dan trembesi 350 pohon. Sedangkan untuk bibit buahnya terdiri dari 300 batang alpokat, 150 kelengkeng, 850 batang pohon sukun, dan 200 bibit matoa.

"Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan lanjutan dalam pngelolaan gunung purung sebagai destinasi wisata alam dan agrowisata di Bumi Wali," pungkasnya. [rof/col]