Satu Ladang Tiga Tanaman, untuk Tambah Panen

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Namanya petani, tentu ingin terus menghasilkan panen yang melimpah, berkualitas, serta berkelanjutan supaya tak sampai telat dalam pengolahannya. Biasanya para petani memakai teknik tanam ganda, selain tanaman utama namun ada tanaman lain yang turut serta dalam usaha mengoptimalkan lahan.

Demikian juga seperti yang terlihat di lahan pertanian sepanjang Desa/Kecamatan Grabagan sampai Pekuwon Kecamatan Rengel. Bedanya petani setempat bisa bercocok hingga tiga tanaman sekaligus.

"Di ladang sekitar sini kebanyakan petani menanam lombok dan jagung, tapi juga banyak yang tanam lombok, jagung dan singkong dalam satu lahan," kata Kasto, petani Desa Grabagan kepada blokTuban.com, Sabtu (3/3/2018).

Menurutnya, tiga tanaman dalam satu lahan sekaligus dapat menambah produktivitas olah lahannya. Otomatis, tak hanya satu hasil panen yang didapat, melainkan tiga tanaman itu sekaligus.

Adapun jenis tanaman yang biasa petani suka, seperti jagung 212 dan jagung bisi 32, lombok grendel, serta singkong kuning yang biasa petani sekitar tanam di area samping penyekat ladang.

Petani mengatur jarak di antara masing-masing tanaman. Jagung diberi jarak tanam selebar 1,5 meter. Diantara jarak jagung itulah tanaman lombok ditanam.

"Menyiasati jika harga dari panen tanaman utama melemah, bisa dibuat tambahan pemasukan. Ini harga lombok kan juga sedang lemah," pungkasnya. [feb/rom]