Jaga Kesehatan Korban Banjir, PPNI Tuban Lakukan Baksos

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com- Demi menjaga kesehatan para korban banjir yang ada di wilayah Kabupaten Tuban, DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Tuban, Lakukan screening kesehatan.

Ketua DPD PPNI Tuban mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk panggilan jiwa para perawat yang ada di Kabupaten Tuban untuk terjun langsung ke masyarakat yang tiap tahunnya mencoba akrab dengan banjir.

"Rangkaian kegiatan kita di sini ada penyuluhan kesehatan, pengobatan masal, cek kesehatan, serta ada bingkisan di akhir acara," papar ketua DPD PPNI Tuban, Miftahul Munir, Senin (26/2/2018).

Meskipun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan kegiatan serupa, sambung Cak Munir, sapaan akrabnya kepada mayarakat, screening itu dimaksudkan untuk mengantisipasi penyakit generatif korban banjir agar tak semakin parah.

"Misalnya masyarakat yang umumnya manula, biasanya mengidap hipertensi, diabetes, kita kasih obat stimulan kepada mereka," imbuhnya ketika acara di balai Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel itu selesai, dan akan beranjak ke desa yang terdampak banjir berikutnya.

Selain Recamatan Rengel, ada pun kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kecamatan Soko, Plumpang, dan Widang.

"Selanjutnya kita akan ke Ngadirejo untuk bakti sosial disana," pungkas Cak Munir mengakhiri perjumpaan. [feb/col]