Unirow Sabet Tiga Tropi BPSMI

Penulis: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Dari delapan delegasi mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, yang mengikuti Workshop fFtografi dan Penulisan Sastra se-Jawa Timur oleh Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) di Institut Teknologi Sepuluh Novenmber (ITS), Sabtu (17/02) kemarin, tiga di antaranya mampu membawa pulang tropi dari dua nominasi.

Juara pertama dan kedua penulisan cerpen, diraih Siti Nurcholifah dan Dewantari Dharma. Sedangkan  juara kedua berhasil direbut Hidayatul khoiriyah dalam penulisan lakon.

"Eksplorasi cerita, kesegaran ungkapan, dan juga kualitas karya yang apik menjadi pertimbangan juri hingga dipastikan terbaik, baik cerpen maupun lakon," ujar Pembina Komunitas Sanggar Sastra (Kostra) Unirow, Suantoko M.Pd, Minggu (18/2/2018).

Budayawan asal Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding itu menjelaskan, pada kesempatan ini Unirow mengikutsertakan delapan mahasiswa yang lulus seleksi. Dari empat nominasi, hanya tiga yang diikuti meliputi penulisan cerpen,  puisi dan lakon.

"Untuk fotografi belum ada mahasiswa yang kompeten di bidangnya," terang Suantoko.

Apa yang diraih mahasiswa Unirow, tidak lepas dari rutinitas pembinaan ketat dalam kostra mulai dari diskusi karya, produksi, sampai pembedahan karya dalam forum. Diharapkan ke depan mahasiswa lain supaya terpacu, dan sadar untuk tidak menjadi mahasiswa yang hanya duduk di bangku kuliah tetapi juga memiliki nilai tambah seperti menulis.

Terpisah, juara dua dalam penulisan lakon, Hidayatul Khoiriyah menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengirim mahasiswa terbaiknya dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas)  tahun 2018.

Sedangkan, Siti Nurcholifah sebagai juara pertama penulisan cerpen mengaku, tidak ada persiapan khusus, hanya saat pengiriman naskah saja. Dara murah senyum ini juga berhati-hati dalam menulis naskah, dan menerapkan teknik-teknik yang diajarkan selama berada di Kostra.

"Teknik itu  menjadi acuan saya dalam menulis," pungkas Nurcholifah sembari berucap syukur. [col]

*Penulis merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Prodi FISIP. Sekaligus aktif proses menulis di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Unirow Tuban.