Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan pemuda Nahdlatul Ulama (NU) dari unsur Barisan Ansor Serbaguna (Banser) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) di wilayah lapangan minyak Distrik Kawengan, Banyuurip, Senori, Tuban. Mereka dijadwalkan menjalani penempaan aqidah, mental, dan fisik di daerah penghasil mutiara hitam tersebut selama tiga hari, mulai 2-4 Februari 2018.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Senori sekaligus koordinator penyelenggara, Zainul Ashar kepada blokTuban.com menyebutkan, peserta Diklatsar Banser ini diikuti tidak kurang dari 135 peserta. Mereka hadir dengan semangat perjuangan li Nahdlatul Ulama (untuk NU).

"Sejumlah 135 peserta resmi menjadi peserta Diklatsar Banser, dan itu jauh dari prediksi kami," ucap pria yang kerap disapa Gus Zein itu, saat ditemui blokTuban.com, Sabtu (3/2/2018).

Dari pantauan blokTuban.com, pasukan elit NU itu menjalani latihan di lapangan sepak bola setempat. Selama bermalam, mereka menempati gedung Sasono Suko Merak 2, Distrik I Kawengan aset PT Pertamina EP Asset 4.

Sementara itu, Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Tuban, M. Harun Prastyio berharap, pemuda pilihan yang telah mengikuti Diklatsar untuk setia mengawal Ulama dan Kiai sepuh NU.

Sebab dikatakan Harun, tercatat sejarah perjalanan bangsa dan negara, Banser merupakan salah satu elemen yang setia dan rela berkorban ikut berjuang dalam kemerdekaan serta mengawal keutuhan NKRI seperti suhada-suhada dulu.

"Harapan kita semua, mereka lulus, agar ke depannya Banser lebih kuat lahir dan batin dalam mengawal ulama dan menjaga NKRI," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]