Inilah 3 Poin Tuntutan Pendemo PT. Swabina Gatra

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tiga poin tuntutan pada aksi demo yang dilakukan oleh ratusan warga dari Aliansi Karang Taruna Ring I Semen Gresik (SG) serta Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) disampaikan kepada PT. Swabina Gatra Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Rabu (27/12/2017).

Baca juga [Aliansi Kartar Ring I SG dan FSPMI Demo PT. Swabina Gatra]

Tiga tuntutan tersebut yaitu, mereka menuntut agar PT. Swabina Gatra mempekerjakan kembali Duraji dan Jubaedi, selanjutnya mereka menuntut PT. Swabina Gatra yang orang-orangnya terlibat di dalam pemberian surat peringatan I kepada Duraji harus diambil tindakan tegas, serta PT. Swabina Gatra harus dievaluasi dan diberi peringatan tegas.

"Yang jelas tuntutannya, kami minta untuk dipekerjakan kembali tanpa syarat apapun. Selain itu PT. Swabina Gatra harus dievaluasi dan diberi tindakan tegas karena selalu membuat masalah dengan warga ring I dan itu menciderai hubungan baik antara warga ring I dengan PT. Semen Gresik," ujar Duraji, pria yang juga sebagai Bendahara Aliansi Karang Taruna Ring I SG tersebut.

Dalam aksinya, demonstran juga menyerukan kepada pekerja dan serikat pekerja, untuk terus bersatu dan berjuang memberi dukungan nyata terhadap pekerja yang telah di PHK oleh PT. Swabina Gatra.

Sementara itu, Junior Manager Kepegawaian PT. Swabina Gatra, Moch. Baliyah mengatakan, bahwa dalam aksinya tersebut mereka menuntut agar dua dari tiga karyawan yang dipecat karena kontraknya habis untuk dipekerjakan lagi.

"Tiga orang ini kontraknya habis pada 31 Desember dan tidak diperpanjang lagi," pungkasnya. [hud/rom]