Siapkan Atlet Kejurcab, PN Bangilan Gelar Seleksi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Kecamatan Bangilan dipastikan akan meramaikan pertandingan Kejuaraan Cabang (Kejurcab) PN Tuban di waktu mendatang. Untuk itu, puluhan atlet menjalani seleksi di Gedung Serba Guna (GSG) Bangilan, Minggu (17/12/2017).

Ketua PAC Pagar Nusa Bangilan, A. Qosim Junaidy menjelaskan Kejurcab PN akan dilangsungkan Minggu (24/12/2017) depan di halaman PCNU Tuban. Kegiatan tersebut dinilai sebagai bentuk pembinaan pengembangan dan penggalian tradisi lokal ala NU.

"Dengan banyaknya kader, tentu potensi menjadi atlet profesional semakin terbuka lebar. Untuk itu perlu diadakan seleksi agar terjaring calon atlet yang mumpuni," terang Junaid, sapaan akrabnya.

Dijelaskan Junaid, seleksi atlet ini didasarkan pada nilai angka pukulan, tendangan, dan bantingan. Mereka (atlet) dikasih waktu bertanding pada tiga kesempatan dengan masing-masing ronde, durasinya selama tiga menit.

Bapak satu anak itu juga berharap, perwakilan PAC Bangilan mampu berprestasi di ajang Kejurcab dan pantas menjadi atlet yang mewakili Tuban di level atasnya. Sehingga, dari Bangilan lahir pesilat NU yang gemilang di dunia olahraga silat.

"Harapan besar dari kami, dari Bangilan ada yang lolos dan berkarir di dunia olahraga silat," tandas Junaid.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, dari 30 pesilat NU yang mengikuti seleksi tadi, 15 dinyatakan lolos untuk mewakili PAC Bangilan. Sehingga saat ini para pelatih akan terus memberi latihan kepada atlet agar tampil maksimal di arena nanti. [rof/col]