Ratusan Relawan dan Warga Panyuran Bersihkan Sungai

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan relawan Kabupaten Tuban bersama warga Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban kompak membersihkan sungai yang tersumbat sampah bertahun-tahun.

Mereka membersihkan sungai secara masal, lantaran setiap kali memasuki musim hujan volume air sungai selalu meningkat, sehingga setiap tahunya kelurahan panyuran selalu terjadi banjir.

Dengan adanya gerakan membersihkan pantai tersebut, Kepala Kelurahan Panyuran, Edi Basuki mengucapkan, banyak terima kasih kepada para relawan Tuban dan relawan SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban untuk bakti sosial bersihkan sungai.

"Saya ucapkan banyak terimakasih kepada para relawan," ujar Edi.

Edi menambahkan, banjir tersebut selalu terjadi pada setiap tahun dikarenakan kurang adanya kesadaran dari masyarakat, ditambah potongan pelepah pohon siwalan yang tidak di bersihkan sehingga hanyut terbawa air.

"Untuk pembersihan kami sudah mengupayakan dengan Forkopimcam Palang, namun belum ada hasil," ujarnya

Senada di sampaikan oleh Komandan Sekber Relawan Tuban Aipda Didik utomo, salah satu bentuk kerja nyata para relawan kepada masyarakat adalah melakukan pencegahan dan pengurangan dampak resiko bencana banjir yang terjadi di kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang.

"Ini adalah pengabdian relawan untuk masyarakat," ujar Aiptu Didik Utomo.

Diketahui dalam bersih-bersih tersebut sekitar 250 relawan dan 100 warga, TNI -Polri, dengan alat seadanya ratusan para relawan dan warga di bantu truck dari Dinas Perumahan Rakyat Tuban.[hud/ito]