LPG Langka di Sejumlah Daerah, Tuban Masih Aman

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kelangkaan tabung LPG 3 kilogram di sejumlah daerah baik di Jawa Tengah maupun di Jawa Barat cukup mengkhawatirkan masyarakat, terlebih menjelang akhir tahun.

Namun, kelangkaan LPG tersebut belum terlihat terjadi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pasalnya, ketersediaan stok tabung LPG yang diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu tersebut masih terlihat membeludak di pangkalan.

Bahkan, pemilik pangkalan mengaku kesulitan untuk menghabiskan penjualan tabung dalam waktu cepat. Sebab, stok tabung melon tersebut masih cukup banyak.

"Ini tidak terjadi kelangkaan, tabung LPG 3 kg di Tuban masih aman," kata Kadir, Pemilik pangkalan yang berada di Jalan Brawijaya, Jumat (15/12/2017).

Dia menjelaskan, dalam seminggu pangkalan miliknya menerima tiga kali kiriman LPG dari agen. Setidaknya, setiap kali kiriman Kadir menerima sekitar 150 tabung gas LPG.

Jika dalam seminggu mendapat kiriman sebanyak tiga kali, maka pangkalan miliknya menerima sekitar 450 tabung selama satu pekan.

"Stoknya masih aman, ini justru bingung kalau tidak habis-habis," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindu dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya, saat dikonfirmasi mengenai ketersediaan LPG belum mengetahui jumlah detail yang diberikan Pertamina.

Hanya saja mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban itu menyatakan jika Pertamina menjamin stok LPG 3 kilogram hingga akhir tahun.

"Jumlahnya belum saya terima, hanya untuk wilayah Tuban Pertamina menjamin stok aman," tandas Agus.[nok/col]