DPRD Minta Pertamina Tingkatkan Program CSR di Senori

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – PT Pertamina EP Asset 4 Cepu diminta meningkatkan program coorporate social responsbility (CSR) bagi warga sekitar ring satu Sumur Tapen di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Rekomendasi itu disampaikan anggota DPRD Tuban Dapil 4 Senori, Mukson menyusul berhasilnya PT Pertamina ketika mengeksplorasi Sumur Tapen 2B.

“Ada tiga hal yang menjadi permintaan warga Senori terkait CSR PT. Pertamina Asset 4,” ujar Mukson kepada blokTuban.com, belum lama ini.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjelaskan, tiga rekomendasi tersebut terdiri dari bidang pendidikan, keagamaan, dan pertanian. Sebab, masih banyak sekali tanggungjawab perusahaan untuk mensejahterakan warga Senori, meski sebagian CSR-nya sudah direalisasikan.

“Sebagian memang sudah direalisasi CSR-nya, namun perlu ada peningkatan, sebab kali ini juga bertambah minyak yang dihasilkan dari lapangan Tapen, Senori,” tandas Mukson.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, tugas perusahaan yang harus ditangani di bidang pendidikan mencakup beasiswa bagi pelajar miskin desa sekitar lapangan Tapen, yaitu Desa Sidoharjo dan Wangluwetan. Kemudian di bidang keagamaan, perbaikan tempat-tempat ibadah yang tersebar di daerah ring satu. Sedangkan di bidang pertanian, diharapkan bisa membantu saluran irigasi yang bersumber dari Bengawan Solo.

Diberitakan sebelumnya, usaha PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu pada pemboran sumur migas baru atau Sumur Tapen B2 membuahkan hasil. Pasalnya, sampai saat ini, sumur yang berlokasi di Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban itu telah mengeluarkan minyak bumi. Target dari pemboran ini adalah minyak sebesar kurang lebih 250 Barel Per Hari dan gas sebesar kurang lebih 0,5 Juta Kaki Kubik Per Hari.

"Dari sumur B2 minyak yang dihasilkan sebesar 160 bopd pada jepitan 16/64," ujar field Manager PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Heru Irianto saat dimintai keterangan wartawan media ini melalui Ponselnya. [rof/rom]