Pesan Gus Nafik di Haul ke Dua Pendiri KMI Assalam

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sesepuh Ponpes Al Hikam Malang, HM Nafik Maskun menghadiri haul kedua pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Kulliyatul Muallimin Wal Muallimat Al Islamiyah (KMI) Assalam Bangilan, Tuban, Senin (27/11/2017). Di dalam haul yang digelar untuk mengenang sekaligus mendoakan KH. Moehaimin Tamam itu Gus Nafik, sapaan akrabnya menyampaikan tiga pesan.

"Ada tiga pelajaran yang bisa kita ambil dari acara haul ini," ungkap Gus Nafik di hadapan ribuan jemaah yang hadir.

Dijelaskan Gus Nafik, tiga hal yang harus diambil dalam haul Abah Moehaimin (santri menyebutnya) itu di antaranya, Alintifa Bid Dua' (Do'a dan mendo'akan), I'tibar (mencontoh sang kiai), dan silaturahmi.

Menurut dia, orang yang soleh seperti Abah Moehaimin insyaallah bisa memberi barokah, atau istilah dalam santri menyafaati. Selain itu, para santri maupun alumni harus bisa meneladani segala amalan beliau (Abah Moehaimin, red).

Pihaknya juka mengklaim acara haul bisa menyambung silaturahmi antara santri dan kiai, antara guru dengan wali santri, dan antara lembaga dengan masyarakat.

"Dari acara haul ini terdapat tiga pelajaran penting yang harus diresapi, yaitu Doa dan mendoakan, mengambil pelajaran dari dawuh kiai dan meneladani sang kiai, serta menyambung silaturahmi," ulas Gus Nafik. [rof/ito]