Per Bulan Pengunjung Museum Kambang Putih Capai 1000 Orang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Semenjak tahun 2012, pengunjung Museum Kambang Putih Tuban yang berada di Jalan Kartini No.3 Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban terus mengalami peningkatan.

Menurut Kepala Museum dan Purbakala Tuban, Santi Puji Rahayu, pengunjung setiap tahun terus mengalami peningkatan. Rata-rata per bulan pengunjung mencapai 1000 orang.

"Rata-rata per bulan, pengunjung mencapai 1000 orang dan terkadang bisa lebih," ungkap Santi saat ditemui blokTuban.com, Senin (27/11/2017).

Dari data yang ada di museum menyebutkan, pada bulan Oktober 2017 pengunjung mencapai 1.698 orang yang didominasi para pelajar. "Bulan Oktober data kami ada 1.698 orang, yang terdiri dari anak-anak, pelajar, dan umum," tandasnya.

Lebih lanjut santi mengungkapkan, selain dari lokal Kabupaten Tuban pengunjung juga datang dari berbagai luar kota, seperti Lamongan, Surabaya, Bojonegoro bahkan juga Semarang.

"Mereka datang untuk berlibur selain itu juga melakukan study atau pembelajaran yang dianjurkan dari sekolah," pungkas Santi.

Diketahui, hingga bulan Agustus 2017 lalu, museum kambang putih tuban telah memiliki koleksi sebanyak 5.774 benda sejarah, yang terdiri dari benda peninggalan prasejarah, peninggalan Hindu-Budha, keramik, etnografi, peninggalan Islam dan numismatik.[hud/col]