Siswa di Soko Ikuti Seminar Wawasan Kebangsaan

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Puluhan siswa dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kecamatan Soko, IPPNU dan IPPNU mengikuti Seminar Wawasan Kebangsaan, yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Soko (IMAS) dalam rangkaian acara pelantikan pengurus IMAS periode 2017-2018.

Bertempat di Aula pendopo Kecamatan Soko, lebih dari 40 siswa-siwsi tersebut nampak antusias mendengarkan materi yang diberikan oleh salah satu anggota Koramil Soko, Serka Junaedi.

Salah satunya adalah Andri, siswa asal SMAN 1 Soko yang menanyakan tentang bagaimana cara melawan dampak negatif globalisasi terhadap perkembangan bangsa yang semakin maju.

"Kuncinya adalah selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa," jelas Serka Junaedi saat menjawab pertanyaan tersebut.

Pihaknya juga menambahkan, agar para generasi muda untuk pintar dan jeli dalam pergaulan. Mengingat maraknya pergaulan yang kurang baik yang berdampak buruk bagi kesehatan dan psikologi seperti merokok, minum-minuman keras, dan narkoba dengan banyak jenis yang beredar di kalangan umum.

Sementara itu, salah satu anggota dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Andhi Hartanto yang turut mengisi materi juga berpesan, agar generasi muda lebih menggenggam erat 4 pilar kebangsaan.

"Harapannya agar siswa-siwa yang mengikuti seminar ini supaya dapat mengamalkan dan menularkan ilmu yang diperolehnya tentang wawasan kebangsaan. Memang kelihatan sepele, namun ini sangat penting bagi generasi muda untuk meneruskan bangsa," ungkap Andhi sapaan akrabnya, yang juga menjabat komisi C kepada blokTuban.com, Sabtu (25/11/2017).

Dalam acara yang mengusung tema 'Menjadi Bangsa Yang Maju dan Mandiri Adalah Cita-Cita Kusuma Bangsa' juga dihadiri Muspika Kecamatan Soko sekaligus pensehat IMAS, Camat soko yaitu Suwito, yang mengajak semua elemen turut aktif dalam melakukan kegiatan sosial serta mengajak pemuda dalam memerangi narkoba, "juga kenakalan remaja," jelas Camat.

"Pemuda dan pelajar harus memiliki semangat dalam membangun Kecamatan Soko lebih baik, di sini IMAS akan menjadi jembatan dari semua elemen yang ada di Kecamatan Soko," tegas Rohman Huda, Ketua IMAS dalam sambutannya. [Feb/rom]