Kontrol Perkembangan Kilang, Pertamina akan Bangun Kantor

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - PT Pertamina sepakat dan berencana membangun kantor perwakilan yang menyediakan informasi seputar Kilang Tuban. Kesepakatan itu dilakukan setelah adanya pertemuan antara perusahaan plat merah itu dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Tempat representatif tersebut didesain untuk bisa diakses oleh siapapun. Dengan tujuan, sebagai tempat untuk mengontrol arus informasi perkembangan kilang.

"Pertamina sudah setuju mendirikan office representatif itu," ucap Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein, beberapa waktu lalu.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, Pertamina juga sanggup melakukan percepatan kilang, dan harmonisasi penyelesaian pembebasan lahan. Pihaknya juga bakal cepat berkoordinasi dengan Forkopimda Tuban apabila ada sesuatu hal di lapangan.

"Adanya kantor perwakilan Kilang Tuban, nanti bisa menangkal kabar multitafsir yang meresahkan masyarakat," imbuh Politisi partai PKB itu.

Langkah di atas dianggap urgen, lantaran proyek nasional patungan Pertamina-Rosneft Oil Company itu agar berjalan sesuai harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Di sisi lain, semua stakeholder termasuk masyarakat lokal diharapkan memahami kepentingan yang jauh lebih besar. Kilang Tuban merupakan proyek strategis nasional, dalam rangka negara membangun ketahanan energi supaya tidak bergantung pada negara lain soal minyak. [rof/rom]