Puncak Perbukitan Rengel, Alam Sejuk Buruan Wisatawan

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Membahas keindahan alam di kawasan perbukitan Kabupaten Tuban sepertinya tak akan pernah habis. Banyak tempat-tempat dataran tinggi yang memiliki keindahan alam natural, nan sejuk khas perbukitan kapur belum banyak diketahui oleh para pemburu wisata.

Seperti daerah perbukitan yang ada di Gembong, Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban ini. Tempatnya yang berada di ketinggian puncak Rengel itu, sekitar 2 km-an dari pusat pemerintah Kecamanatan tersebut memiliki pemandangan amat menakjubkan.

Hamparan pemandangan desa-desa yang berada bagian timur kabupaten, hingga Bengawan Solo yang mengitari, sebagai pembatas kabupaten akan nampak jika kita berada dipuncak perbukitan itu.

"Alamnya disini sejuk, tenang, dan jauh dari kegaduhan seperti di kota-kota," ungkap Bayu, pengunjung asal Kabupaten Bojonegoro saat ditemui blokTuban.com di lokasi, Minggu (19/11/2017).

Selain itu, puncak kecamatan yang terkenal dengan jalan tanjakan berliku tersebut juga terdapat sebuah dua bukit terpisah, layaknya gunung terjal yang terpisah.

"Pemandangan di atas sana mungkin lebih keren lagi, tapi jarang ada yang kesan," imbuhnya.

Kendati demikian, dalam menempuh perjalanan menuju lokasi tersebut memerlukan usaha yang ekstra. Kita harus menempuh medan naik turun, berliku, dan sabar dengan kondisi jalan yang masih berwujud bebatuan.

Disarankan jika kesan agar menggunakan sepeda motor. Sebab, kendaraan roda empat tak bisa masuk. Semakin menuju ke lokasi, jalanan akan berubah menjadi seperti jalan setapak persawahan. Tentu harus berhati-hati, salah-salah bisa terpeleset dan jatuh dari yang kita kendaraan. [Feb/ ]