Antisipasi DBD, Dinkes Sosialisai Program 3M

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim penghujan biasanya membuat jumlah jentik nyamuk di masing-masing lingkungan masyarakat menjadi lebih banyak. Akibatnya, masyarakat yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) juga mengalami peningkatan.

Untuk mencegah hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban rutin melakukan antisipasi dengan sosialisasi program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan gerakan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur).

"Biasanya DBD meningkat pada bulan Desember, Januari, Februari, oleh sebab itu kita mulai sejak dini mensosialisasikan program pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M," kata Plt. Kadinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati, Selasa (7/11/2017).

Menurutnya, sosialisasi tersebut sudah dilakukan oleh Dinkes Tuban mulai dari tingkat kecamatan atau desa melalui kader-kader Pemantau Jumlah Jentik (Jumantik).

"Beberapa kecamatan sudah punya kader jumantik yang membantu warga mengamati jumlah jentik di bak mandinya," katanya.

Endah menjelaskan, gerakan 3M adalah, Menguras bak mandi atau tempat penampungan air, Menutup rapat penampungan air dan Mengubur barang bekas yang berpotensi jadi tempat perkembangan nyamuk DBD. [hud/rom]