Manfaatkan Limbah Bekas Kayu Menjadi Meja-Kursi

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Barang bekas tak terpakai bisa dimanfaatkan lagi menjadi suatu karya dan bernilai seni, bila berada di tangan-tangan kreatif.

Seperti halnya Saikun (59), salah satu dari banyaknya pengrajin perabot rumahan meja-kursi yang berada di Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Di tangan lelaki kelahiran tahun 1958 silam tersebut dapat membuat meja dan kursi antik dari bekas kayu box palet kemasan.

Saat ditemui blokTuban.com ditempat kerjanya, Saikun sedang merangkai kursi berbentuk persegi panjang yang bahannya dari limbah kayu box palet.

"Ini kayunya jenis pinus, bekas box tempat peralatan dari daerah Jenu," Ungkapnya sambil menghaluskan kaki-kaki kursi, Selasa (24/10/2017).

Saat ini dia tengah mendapat pesanan untuk membuat kursi dan meja, di salah satu kedai kopi kawasan bumi perkemahan Lanjar Maibit.

Selain mudah dan relatif murah, kayu bekas box tersebut mempunyai tekstur yang bagus untuk dijadikan perabot.

"Yang harus ditekuni itu proses penghalusan. Harus teliti supaya hasilnya memuaskan," imbuhnya lagi.

Terlepas, dari pantauan blokTuban.com, di daerah tersebut juga banyak pengrajin perabot kayu yang juga memanfaatkan bekas box palet untuk dijadikan perkakas lainnya. [feb/ito].