Hampir 500 Pelajar Ikuti Olimpiade Literasi di Pendopo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa dan Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-724 Tahun 2017, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa dan Sastra Indonesia dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kabupaten Tuban yang didukung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menggelar Olimpiade Literasi.

Olimpiade yang diselenggarakan di Pendopo Kridho Manunggal Kabupaten Tuban tersebut diikuti hampir sebanyak 500 peserta dari lembaga sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Tuban.

Menurut Sekretaris Panitia Pelaksana, Nanang Syafi’i dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa dan Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-724 Tahun 2017 ini, ada dua agenda yang akan dilaksanakan, yang pertama adalah Olimpiade Literasi ini dan nanti akan diadakan Seminar Nasional pada 28 Oktober nanti.

“Olimpiade literasi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengkampanyekan program literasi, dan kalau ini menjadi budaya diharapkan Tuban menjadi kota literasi seperti kota-kota yang sudah-sudah,” kata Nanang kepada blokTuban.com, Selasa (24/10/2017).

Menurutnya dalam olimpiade ini, untuk Sekolah Dasar (SD) cabang lombanya adalah Puisi, Sedangkan SMP dan SMA cabang lombanya adalah Puisi, Menulis Puisi dan Menulis Cerpen serta Menulis Easy yang bertemakan Kearifan Lokal.

Harapanya, lomba ini menjadi tolak ukur perkembangan literasi di Tuban dan memacu  minat baca dan tulis di Tuban dikalangan generasi anak-anak di Tuban. Karena saat ini mereka lebih sibuk main gadget dari pada membaca. “Mulai dari lomba ini nanti embrionya banyak penulis akan terlahir di Kabupaten Tuban,” pungkasnya.[hud/ito]