Lestarikan Batik Tuban, Pemkab Gelar Lomba Cipta Motif Batik Khas Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Pada rangkaian memperingati Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-724 yang bertepatan dengan Hari Santri Nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar Lomba Cipta Motif Batik Khas Tuban, Minggu (22/10/2017).

Lomba yang diselenggarakan di Pantai Boom Kabupaten Tuban tersebut diikuti sebanyak 1.173 peserta. Dengan rician, peserta dari kategori pelajar SD/ Sederajat, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat sebanyak 1.028 anak dan masyarakat umum se-Kabupaten Tuban sebanyak 143 orang.

Menurut Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya mengatakan, tujuannya diselenggarakanya lomba ini untuk melestarikan batik khas Tuban yang saat ini telah muncul ikon batiknya ditingkat Regional maupun Nasional.

“Kita harus bangga batik menjadi kekayaan dunia. Sehingg batik di Tuban harus dilestarikan, terlebih saat ini di Tuban muncul ikon batik di tingkat Regional maupun Nasional,” kata Agus kepada blokTuban.com.

Di samping itu, tujuan yang lain diadakanya lomba Cipta Motif Batik Khas Tuban ini untuk menanamkan kecintaan terhadap batik sejak dini, serta untuk mendorong dan mengembangkan pengrajin batik yang sudah berkembang di Kabupaten Tuban.

“Dengan ini kita ingin mendukung pemanfaatan pengembangan potensi yang ada di Tuban diantaranya batik, oleh karena itu kita harap acara seperti ini menjadi agenda tahunan Kabupaten Tuban,” harapnya.[hud/col]