FISIP Gelar LKMM di Jatiwangi

Pengirim: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Jawa Timur selama dua hari ke depan menggelar acara Temu Akrab (TA) atau Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) di wisata Jatiwangi Kecamatan Merakurak. Ada 13 mahasiswa baru yang ditempa dengan materi leadership, sejarah himpunan mahasiswa komunikasi dan politik, dan keorganisasian.

"LKMM ini ingin membangun loyalitas dan solidaritas antar mahasiswa baru," ujar Dekan FISIP Unirow, Satya Irawatiningrum, ketika ditemui usai pembukaan acara, Jumat (13/10/2017).

Alasan memilih Jatiwangi sebagai tempat LKMM, tidak lain karena ingin kembali ke alam (back to nature). Setelah TA, mahasiswa FISIP diharapkan dapat membranding fakultasnya agar dapat berpengaruh baik di internal dan eksternal kampus.

Untuk materi leadership, mahasiswa ditekankan memiliki jiwa pemimpin serupa berkarakter, cerdas, idealis, dan disiplin. Sementara terkait sejarah, lebih fokus pada penjelasan berdirinya dan kiprah himpunan mahasiswa. Sedangkan pada keorganisasian, mahasiswa diajarkan bagaimana bekerja kelompok dan pembagian kerja dalam organisasi.

"Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini dibawakan dengan santai dan diselingi peemainan supaya tidak jenuh," sambung ketua panitia LKMM, Aldiani Dinda.

Diakuinya, antusiasme peserta TA tahun ini menurun dibanding tahun sebelumnya. Alasanya hampir separuh mahasiswa baru sudah bekerja yang tidak bisa ditinggalkan.

Perempuan berkacamata itu berharap, adanya kegiatan ini mampu menyolidkan semua pihak. Sekaligus menghilangkan sekat dengan angkatan sebelumnya.

"TA sangat bermanfaat untuk mempererat persaudaraan sesama mahasiswa baru," pungkas salah satu peserta, Shintya Agustina.

*Penulis merupakan mahasiswa baru Ilmu Komunikasi FISIP Unirow Tuban.

unirow1