Pemkab Akan Laksanakan Prekrutan dengan Transparan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berencana membuka pendaftaran untuk perekrutan perangkat desa pada akhir bulan Oktober 2017.

Perekrutan tersebut untuk mengisi banyaknya kekosongan perangkat desa di wilayah Kabupaten Tuban. Terlebih saat ini banyaknya kekosongan pada jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) lantaran ditarik di kecamatan.

Kepala Bidang (Kabid) Pemdes, DPMD dan KB Tuban, Anto Wahzudi mengatakan, proses perekrutan perangkat desa akan dilaksanakan secara transparan, berbeda dengan kabupaten/kota lain.

"Di Tuban, perekrutan perangkat desa berbeda dengan kabupaten lain, di Tuban akan dilakukan dengan trasparan, dengan begitu akan diketahui nilai yang tertinggi," ungkap Anto Wahzudi kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut dikatakannya, dari ketransparanan tersebut antara pelaksanaan ujian tes tulis, koreksi jawaban dan pengumuman hasil ujian akan dilaksanakan dalam waktu yang sama atau dalam satu hari, sehingga dapat diketahui langsung.

Menurut Anto, saat ini seluruh perangkat desa di Kabupaten Tuban ada sekitar 400 perangkat yang kosong. "Sekdes kosong ada sebanyak 229, sedangkan total semuanya dari Sekdes dan juga Kaur sekitar 400 yang kosong," kata Anto Wahzudi kepada blokTuban.com.

Sementara itu, dalam perekrutan perangkat desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa telah melakukan upaya sosialisasi pendaftaran di masing-masing kecamatan. [hud/rom]