Atasi Kemiskinan di Kenduruan, ini Solusinya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Camat Kenduruan, Hendro Basuki mengatakan pengentasan kemiskinan di perdesaan butuh solusi strategis dan komprehensif. Tujuannya agar dapat ditemukan format percepatan kesejahteraan secara terukur. Salah satunya yang ia lakukan ialah program 'Jagongan Gayeng'.

"Jagongan gayeng ini merupakan inisiatif bersama antara pemerintah bersama stakeholder lokal dan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan di Kenduruan," kata Hendro kepada blokTuban.com, Minggu (8/10/2017).

Camat asal Parengan itu memaparkan, guna pengentasan kemiskinan perdesaan di pinggiran kota Tuban, salah satu solusi yang bisa ditempuh adalah dengan memaksimalkan penggiat UKM. Kemudian dengan adanya Jagongan gayeng, para pelaku bisa membangun komunikasi lintas sektor untuk memecahkan masalah di lapangan.

"Kegiatan ini menjadi sangat penting, sebab di dalam Jagongan gayeng ada upaya untuk meningkatkan produktivitas," ulas Camat usai jagongan.

Hendro membeberkan, di Jagongan gayeng itu semua UKM tercover. Baik di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, maupun produksi rumahan. Menurut dia, mereka mendapat perlakuan yang sama tanpa membedakan besar kecilnya usaha.

"Alhamdulillah luar biasa antusias warga. Harapannya ke depan makin lebar lapangan pekerjaan yang diciptakan," pungkasnya. [rof/ito]