Ini Nama-nama Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia

Reporter: -

blokTuban.com - Sesuai dengan amanat Kongres Pertama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), yang digelar pada 22 Agustus 2017 di Jakarta, dengan ini kami mengumumkan struktur kepengurusan pusat AMSI untuk periode 2017-2020.

Kepengurusan ini dibentuk setelah melewati sejumlah tahapan. Tahap pertama adalah memetakan situasi atau potret industri media digital di Indonesia saat ini, regulasi, tantangan, kekuatan, kelemahan, dan kemungkinan arah perkembangan pada masa yang akan datang.

Merunut pada sejumlah poin pada tahap pertama itu, maka tahap kedua adalah menyusun bidang-bidang yang menjadi kelengkapan organisasi ini. Selain menjawab kebutuhan, kelengkapan organisasi itu sekaligus menjawab sejumlah program yang sudah diamanatkan oleh Kongres Pertama itu.

Memahami masalah, memahami sejumlah program yang diamanatkan oleh Kongres, lalu menyusun departemen atau bidang, adalah cara terbaik sebelum menentukan orang-orang yang duduk dalam kepengurusan ini. Mereka yang dipilih masuk kepengurusan, tahap ketiga dari proses ini, dinilai memiliki kemampuan pada bidang masing-masing.

Semua nama yang dipilih dan masuk di kepengurusan ini adalah perwakilan perusahaan media, memahami industri digital, dan memiliki jejak yang panjang dalam dunia jurnalisme. Kesediaan mereka kami konfirmasi satu per satu, via pesan pendek, telepon, atau bertemu secara langsung.

Bersama anggota Dewan Etik serta Dewan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi, kami juga menghubungi dan mendatangi sejumlah tokoh, yang diamanatkan oleh Kongres untuk duduk di Dewan Etik AMSI. Bapak Prof.Dr. Mahfud MD ( Ketua Mahkamah Konstistusi (MK) periode 2008-2011), dan Bapak Prof.Dr. Bagir Manan (Ketua Mahkamah Agung/MA periode 2001-2008, dan Ketua Dewan Pers periode 2010-2016). Kami merasa sangat terhormat, sebab kedua tokoh ini bersedia duduk di Dewan Etik AMSI.

Para pengurus, bersama Dewan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi, serta Dewan Etik, sudah bertemu dengan Dewan Pers (DP) pada Senin, 18 September 2017. Selain perkenalan pengurus, acara yang dihadiri Ketua Dewan Etik Bapak Bagir Manan dan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Perusahaan Pers di Dewan Pers, Ratna Komala, ini, juga membahas soal industri media digital di Indonesia dan verifikasi media.

Kami sungguh memahami dan senantiasa sepakat dengan tujuan mulia verifikasi ini. Industri media yang sehat, akan mendorong pertumbuhan bisnis digital ke arah yang lebih baik. Tetapi, sebagai asosiasi yang menaungi media siber, kami juga memahami bahwa laju teknologi kadang lebih cepat dari susunan regulasi, dan pada titik itulah regulasi berpotensi mengekang kekuatan teknologi di media digital.

Kami bersyukur bahwa Dewan Pers memahami kesulitan dan tantangan industri media siber di tanah air. Serta menyambut baik usulan dari Dewan Pers untuk menggelar focus group discussion (FGD), guna membahas sejumlah kesulitan, persoalan, dan tantangan pada industri digital.

Mudah-mudahan kepengurusan AMSI periode ini, tentu saja bekerjasama dengan sejumlah instansi pemerintah, lembaga swasta, dan terutama Dewan Pers, mampu berkontribusi membangun industri media siber di tanah air.

SUSUNAN PENGURUS NASIONAL
ASOSIASI MEDIA SIBER INDONESIA (AMSI)
PERIODE 2017-2020

DEWAN PIMPINAN PUSAT
Ketua Umum : Wenseslaus Manggut (Kapanlagi Network/Merdeka.com)
Sekjen : Wahyu Dhyatmika (Tempo.co)
Bendahara : Maryadi (Viva.co.id)

Departemen Organisasi dan Keanggotaan
Ketua : Suwarjono (Suara.com)
Anggota:
1. Irfan Junaedi (Republika.co.id)
2. Agung Rulianto (Arah.com)
3. Risbiani Fardaniah (Antaranews.com)
4. Kriswijayanto (Metrotvnews.com)

Departemen Dana dan Usaha
Ketua: Adi Prasetya (Beritasatu.Tv)
Anggota :
1. Machroni Kusuma (Cumicumi.com)
2. Ismoko Widjaya (Dream.co.id)
3. Yulis Sulistyawan (Tribunnews.com)
4. Wibowo Prasetyo (Jatengpos.co.id)

Departemen Hukum/Advokasi
Ketua : Nuruddin Lazuardi (Kriminologi.id)
Anggota:
1. Imam Syafi`I (Pojokpitu.com)J
2. Gaib Maruto Sigit (Sindotrijaya.com)
3. M Budi Santosa (Okezone.com)

Departemen Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan
Ketua : Wisnu Nugroho (Kompas.com)
Anggota:
1. Hasbi Maulana (Kontan.co.id)
2. Yoko Sari (CNNIndonesia.com)
3. Citra Dyah Prastuti (KBR.id)

Departemen Hubungan Eksternal
Ketua : Arifin Asydhad (Kumparan.com)
Anggota:
1. Metta Dharmasaputra (Katadata.co.id)
2. Rikando Somba (Validnews.co)
3. Heru Andriyanto (Beritasatu.com)
4. Arry Anggadha (Otonomi.co.id)

Koordinator Wilayah (KorWil)

1. KorWil Sumatera : Agoez Perdana (KabarMedan.com)
2. KorWil Jawa/Bali/Nusa Tenggara : Yatimul Ainun (Timesindonesia.com)
3. KorWil Kalimantan : Fakhrurodzi Baidi (Riauonline.co.id)
4. KorWil Indonesia Timur (Sulawesi / Maluku / Papua / NTT) : Upi Asmaradhana (KabarMakassar.com)

Sumber:http://kabarjakarta.com/ini-nama-nama-
pengurus-asosiasi-media-siber-indonesia/