Rehab Patung Letda Soetjipto Dianggarkan Rp250 Juta

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setiap melintas di kawasan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan GOR Tuban, kita akan menjumpai pemandangan sedikit berbeda.

Salah satu monumen pahlawan Tuban, yakni patung Letda Soetjipto, di sekitar lokasi itu dikelilingi dengan pagar.

Buat apa?

Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban, Rohman Ubaid menjelaskan, sebagian bangunan salah satu tokoh pahlawan di Tuban itu akan diperbaiki. Pemkab menyediakan anggatan sampai Rp250 juta.

"Meski dilakukan perbaikan, pemugaran tidak akan merubah posisi dan kondisi patung yang sudah ada," jelas Rohman Ubaid.

Perbaikan difokuskan di bagian bawah, seperti penambahan tinggi fondasi karena dinilai kalah tinggi dengan aspal jalan yang beberapa kali mengalami penebalan, mempercantik taman dan air mancur, serta perbaikan beberapa bagian patung seperti warna yang di beberapa bagian sudah mulai memudar.

Diketahui, Letda Soetjipto adalah pahlawan perang di Tuban semasa pendudukan Agresi Militer Belanda ke II antara tahun 1948-1949. Lokasi berdirinya bundaran patung itu dulunya adalah saksi keberhasilan pasukan republik yang dipimpin Letda Soetjipto memukul mundur pasukan Belanda. Letda Soetjipto kemudian gugur di kawasan Tapen, Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. [hud/rom]