Musim Kemarau, Peternak di Sukorejo Andalkan Sungai Kening

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebagian peternak di Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban memanfaatkan air Sungai Kening untuk kebutuhan sehari-hari hewan ternak milik mereka.

Di setiap hari para peternak tersebut membawa hewan ternaknya ke Sungai Kening desa setempat yang sudah mulai surut, untuk memberi minum dan memandikan hewan ternaknya.

Salah satu peternak, Jupri mengaku, selama musim kemarau ini memang sulit untuk mendapatkan air untuk memberi munum ternak. Sehingga agar tidak terlalu berat hewan ternak langsung dibawa ke sungai.

"Untuk memandikan kambing langsung saya bawa ke sungai. Tapi untuk minum terkadang saya mengambil air pakai jeriken," kata Jupri saat ditemui di area sungai, Senin (11/9/2017).

Terpisah, salah satu peternak kerbau, Joko Subiyanto mengatakan, selama musim kemarau ini untuk keperluan minum dan memandikan ternak ia langsung membawa ternaknya ke sungai, karena untuk hewan kerbau keperluan air sangat banyak.

"Dalam satu minggu saya harus membawa kerbau saya ke sungai sampai dua kali, begitu juga minum kerbau dimusim kemarau ini saya ngangsu," pungkasnya. [hud/col]