DD tahap II Tuban Belum Cair

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dana Desa (DD) tahap II sebesar 40 persen di Kabupaten Tuban, saat ini masih sedang dalam proses di masing-masing kecamatan.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (Pemas) dan Keluarga Berencana (KB) Tuban, Mahmudi, proses tersebut berkaitan dengan laporan realisasi dari DD tahap I dan konsolidasi dari seluruh desa yang menjadi syarat untuk pencairan DD tahap II.

"Untuk DD dalam waktu dekat ini akan cair, dengan syarat laporan realisasi DD tahap I dan konsolidasi seluruh desa kita akan kirimkan ke pusat," ujar Mahmudi di Pendopo Kridha Manunggal Tuban.

Menurutnya, pencairan DD tahap II tersebut, masing-masing desa terkendala dengan laporan realisasi DD tahap I, oleh karenanya pendampingan-pendampingan terus dilakukan, baik dari Dispemas maupun kecamatan.

Mahmudi menjelaskan, meski belum cair, namun DD tahap II ini terbilang tidak lambat karena dalam Peraturan Menteri (Permen), DD tahap II dimulai pada bulan Agustus.

"Sehingga dalam hal ini kami dan teman-teman berusaha untuk mencukupi kaitanya itu," tambahnya.

Diketahui, bahwa DD tahap II dari pusat untuk Kabupaten Tuban saat ini belum ditransfer ke rekening kabupaten. [hud/rom]