Meriah, Ogoh-Ogoh Sapi Diarak Sambil Takbiran

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Suara takbir menggema di langit Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Kamis (31/8/2017) petang. Dengan berjalan kaki, warga membawa obor mengelilingi kampung kompak menyerukan takbir, menandai malam Idul Adha 1438 Hijriyah.

Pantauan blokTuban.com di lapangan, pawai takbir diikuti ratusan pemuda berseragam komunitas berlebel GPS (Gerakan Pemuda Soto). Selain itu, takbir keliling juga diramaikan kader Nahdlatul Ulama perempuan dari unsur Fatayat dan Muslimat.

"Takbir keliling menyambut Idul Adha ini perdana," kata seorang peserta dari GPS, Anam Makruf saat dikonfirmasi blokTuban.com di sela-sela kegiatan.

Pawai takbir yang mengambil rute melewati jalan poros kecamatan, desa dan mengelilingi sudut kampung ini diikuti ratusan warga. Suasana semakin seru dan menyita perhatian ribuan pasang mata dengan ogoh-ogoh hewan kurban sapi yang diarak.

Ribuan warga pun tumpah ruah di pinggir jalan ingin menyaksikan kemeriahan takbir keliling itu. Kendati begitu, lalu lintas tetap berjalan normal.

"Kegiatan memeriahkan malam kemenangan ini terlaksana kerja sama GPS beserta Ansor, Fatayat dan Muslimat," pungkas Makruf. [rof/col]