Perencanaan Pembangunan Tower Rukyatul Hilal Telah Selesai

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Rencana pemerintah Kabupaten Tuban membangun tower Rukyatul Hilal di Bukit Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban semakin terang. Hal itu dinyatakan peyelenggara Syariah Kemenag Tuban, Mashari saat dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (30/8/2017).

"Info yang kami terima saat ini tahap perencanaan telah selesai, selanjutnya adalah proses lelang pelaksanaan," ungkap Mashari.

Dalam hal ini, mantan pejabat Fungsional Umum Pendidikan Diniyah Pontren Kemenag Tuban itu mengaku pihaknya sebagai koordinator mitra Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR). Sebab pembangunan pantau Rukyatul Hilal merupakan wewenang DPU PR.

"Kami sebatas koordinasi dan membantu terkait dengan rencana pembangunan rukyatul hilal, sebab yang memiliki wewenang penuh DPU PR," tandas dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, awalnya sudah ada proposal dari badan hisab rukyat (BHR) Kabupaten Tuban tanggal 4 April 2017 Nomor: 003/KK.13.17.7, tentang bantuan bangunan menara pantau hilal.

Baru kemudian ditindaklanjuti dengan terbitnya surat dari Kemenag tertanggal 11 April 2017, Nomor B-973/KK.13.17.7/KK.03.02.IV./2017 perihal permohonan bangunan. Dalam hal pelaksanaannya ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum Tuban. [rof/ito]