Hindari Masalah, Perangkat dan Kades Dapat Pembinaan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluarga Berencana (DPMD dan KB) Tuban memberi penyuluhan penggunan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) kepada ratusan perangkat dan kepala desa se-Kecamatan Singgahan, Selasa (29/8/2017).

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Singgahan itu diklaim untuk menyatukan persepsi penggunaan uang yang bersumber dari APBN dan APBD setempat.

"Pada kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) ini lebih ditekankan untuk memberi pembinaan kepada Pemerintah Desa agar tidak tersandung masalah hukum," ujar Kabid Pemdes DPMD dan KB Tuban, Anto Wahyudi, saat ditemui blokTuban.com di lokasi Monev, Selasa (29/8/2017).

Dijelaskan Anto, masing-masing desa memiliki cara pandang berbeda terkait regulasi penggunaan DD maupun ADD. Untuk itu, agar memudahkan pemahaman desa, DPMD dan KB perlu memberikan pembinaan secara intensif ke masing-masing desa.

"Kita datangi langsung seluruh desa, Kecamatan Singgahan ini termasuk paling akhir," beber Anto di sela-sela pembinaan.

Pihaknya juga mengklaim banyak sekali temuan-temuan yang jauh dari regulasi. Sehingga, memandang perlu adanya pendampingan khusus agar bisa selaras.

"Berdasarkan temuan kunjungan banyak sekali kasus di desa, karena barang baru. Harapan kami, setiap tahapan diikuti," pungkasnya. [rof/col]