Akhir Agustus, Realisasi DD Tahap Satu Belum Selesai

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama di tahun anggaran 2017 telah selesai. Kendati begitu, hingga minggu terakhir bulan Agustus ini, belum ada satupun desa di Kabupaten Tuban yang selesai kegiatan dan menempuh proses pengajuan tahap kedua.

"DD tahap satu sudah seluruhnya ditransfer ke rekening desa, dan saat ini sedang pelaksanaan kegiatan," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Keluarga Berencana, Mahmudi.

Pada tahun ini, lanjut Mahmudi setiap desa di Kabupaten Tuban minimal akan menerima kucuran dana sebesar Rp700 juta. Pembagian yang diterima tersebut mengacu pada beberapa indikator. Sedikitnya ada empat indikator yaitu luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin dan geografis desa.

Tahap pertama pencairan dana yang dianggarkan dari APBN itu, sebesar 60 persen dari total semuanya. Kemudian sisanya akan cair pada tahap kedua, yakni 40 persen. Dengan syarat, Pemerintah Desa menyerahkan bukti laporan pertanggungjawaban atas penggunaan DD tahap pertama.

"Untuk pengajuan tahap dua belum ada, sebab masih tahap pelaksanaan," tandas pria berkaca mata itu.

Seperti diketahui, Dana Desa (DD) tahun 2017 yang bersumber dari Pemerintah Pusat naik menjadi Rp252 miliar. Bahkan, sejak digelontorkan pada tahun 2015, DD terus naik setiap tahunnya.

Berdasarkan data yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, pada tahun 2015 DD Kabupaten Tuban sebesar Rp88,6 miliar. Kemudian pada tahun 2016 naik menjadi Rp197 miliar. [rof/col]